TSWpGUA9Tfd6GUO7GprpGSM7Td==

Ribuan Penghobi Burung Perkutut Ramaikan LPJT Bupati Cup II Situbondo, Door prize Sebuah Mobil

Bupati Situbondo Karna Suswandi beserta panitia Liga Perkutut Jawa Timur Bupati Cup II Situbondo, Sabtu (18/5/2024). (Foto: Kutipantau)

SITUBONDO - Penghobi burung perkutut se Jawa Timur ramaikan Liga Perkutut Jawa Timur (LPJT) Bupati Cup II Situbondo. Acara yang berlangsung selama dua hari, yakin Sabtu-Minggu, 18-19 Mei 2024 digelar di Lapangan PG Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Sabtu (18/5/2024).

Samsuri selaku Ketua Panitia LPJT Bupati Cup II Situbondo mengatakan, peserta LPJT Bupati Cup II Situbondo sebagai besar dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Timur. "Ini event regional, tetapi ada juga peserta yang dari Bali, Solo, bahkan ada peserta yang dari Bandung," ungkapnya.

Selain itu, Samsuri menjelaskan, Terdapat 2 katagori yang dilombakan pada hari pertama yakni katagori piyek yunior, usia 4 bulan hingga 1 tahun dan hanging usia 2 bulan hingga 4 bulan, sedangkan katagori dewasa bebas usia 1 tahun atau lebih akan dilombakan hari kedua, Minggu (19/5/2024).

"Untuk katagori piyek dan hanging dilombakan hari ini, Sabtu dengan total peserta 600 perkutut sedangkan untuk katagori dewasa bebas akan dilombakan besok, Minggu (19/5/2024) dengan total peserta 400, jadi total peserta 1000 perkutut yang akan dilombakan selama dua hari," jelas Samsuri.

Selain penghobi sekaligus peternak perkutut, pria yang juga menjabat sebagai Kepala BKPSDM Kabupaten Situbondo ini menjelaskan, tujuan dari acara tersebut yakni untuk membangun persatuan dan kesatuan sesama komunitas atau penggemar burung perkutut.
Ribuan peserta LPJT Bupati Cup II Situbondo
"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun silahturahmi antara komunitas atau penggemar burung perkutut, memberikan kesempatan dan fasilitas kepada para komunitas pecinta burung perkutut untuk menguji kualitas dan melatih mental burung perkututnya. Namun dilakukan penilaian dan kepada yang berprestasi akan diberikan penghargaan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menegaskan, LPJT Bupati Cup II Situbondo ini merupakan salah satu event tahunan yang digelar Pemkab Situbondo. "Oleh karena itu, kita berharap event ini semakin meningkat dan masyarakat luar bisa tahu di Situbondo ada agenda rutin liga perkutut," ucapnya.

Untuk diketahui, bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan beberapa, mulai dari sepeda motor, kulkas, sepeda gunung dan hadian menarik lainnya. Untuk doorprizenya yaitu satu unit mobil.

Masih di lokasi yang sama, kepala Disnakkan Situbondo, Junaidi menyebutkan kegiatan LPJT itu dapat mendongkrak perputaran ekonomi di kabupaten Situbondo.

"Sebanyak 1000 penghobi menginap di kabupaten Situbondo, dengan seperti itu UMKM Situbondo bisa berjualan juga di lokasi lomba, penghobi pasti akan berbelanja di kabupaten Situbondo, maka perputaran ekonomi akan jalan," Pungkasnya. (*)

0Komentar